Resistor (R)


Pada postingngan kali ini kita akan nmembahas mengenai Resistor (R).
Resistor adalah salah satu komponen pada ponsel yang berfungsi sebagai Penahan.
Criri-ciri Resisto (R)
· Kecil dan Besar
· Mempunyai 2-4 kaki yang berupa timah
· Bentuk kotak persegi panjang
· Warnanya Hitam
· Tidak mempunyai kutub
Hukum R:
R>10= Di langsung (Tanpa bendungan untuk sebuah arus)
Cara mengetahui R dengan AVO
Di ketahui bahwa AVO mempunyai dua kabel warna merah dan hitam. Kabel warna merah adalah Positif dan Negative untuk kabel yang berwarna Hitam, kedua kabel AVO mempunyai Jarum di kedua ujungnya.
Pertama-tama pastikan AVO telah berfungsi dengan baik, dengan cara menyatukan jarum ke dua kabel. Apabila jarum temporatur pada AVO bergerak, maka AVO bisa di pastikan dalam kondisi baik.
Setelah itu cari komponen ponsel yang berbentuk persegi panjang, berwarna hitam dan mempunyai 2-4 kaki/timah pada komponen tersebut. Apabila jarum temperatur AVO naik, berarti itu bukan Resistor (R).
Dan sebaliknya apabila jarum pada temperatu AVO tidak naik/bergerak, berarati kemungkinan itu adalah Resistor. Perlu di ketahui bahwa Resistor pada ponsel bukan hanya satu saja, tapi ada beberapa.
Setelah menemukan, pastikan lagi dengan cara pasang dua jarum AVO ke timah/kaki pada komponen secara berlawanan. Sehingga jarum temperatur AVO menunjukan sebuah nilai.
Lalu rubah posisi jarum secara berlawanan atau bertukar tempat. Apabila nilai pada temperatur AVO sama dengan dengan hasil yang pertama maka benar itu adalah Resisitor. Karena kedua kaki Resistor mempunyai nilai yang sama.
Itulah kenapa Resistor tidak mempunyai Kutub.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar